Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :
- Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
- Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
- Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
- Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
2. PRINSIP DAN UNSUR DESAIN GRAFIS
a. Kesatuan (Unity)
b. Keseimbangan (Balance)
c. Proporsi (Proportion)
d. Irama (Rhythm)
e. Dominasi (Domination)
3. UNSUR DESAIN GRAFIS
a. Garis (Line)
b. Bentuk (Shape)
c. Tekstur (Texture)
d. Ruang (Space)
e. Ukuran (Size)
f. Warna (Color)
4. PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS DI BERBAGAI MEDIA
Pada awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi). Namun, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
No comments:
Post a Comment